Senin, 25 Oktober 2010

PARIWISATA BENGKULU

Kota Bengkulu memiliki beberapa obyek wisata yang potensial dikembangkan untuk mendukung perkembangan kota secara keseluruhan. Obyek wisata yang ada dapat dikelompokan dalam, Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya.

Wisata Alam

Obyek wisata alam yang paling dikenal di Kota Bengkulu adalah Pantai Panjang yang memanjang 7 Km dari Pulau Baai sampai perbatasan Kota Bengkulu dengan Kabupaten Bengkulu Tengah,Pantai Jakat yang terletak kurang lebih 1 Km dari Pusat Kota,dan Tapak Padri,Kawasan ini terdiri dari pantai dan taman dimana berdiri dengan kokohnya Benteng Malborough,serta pulau tikus yang terletak disebelah barat kota Bengkulu dengan jarak kurang lebih 10 Km dari pusat kota Bengkulu yang dikelilingi karang dan kaya dengan sumberdaya hayati yang sudah ditetapkan sebagai hutan wisata.
Selain itu terdapat pula kawasan Cagar Alam Dusun Besar yang didalamnya terdapat Danau Dendam Tak Sudah dengan daya tarik tumbuhan air Vanda Hooke Riana (anggrek air). Danau ini terletak kuran lebih 6 Km dari pusat kota dan memiliki luas 37,50 Ha. Obyek lainnya adalah Taman Remaja yang merupakan Taman Rekreasi dan hutan paru-paru Kota.

 
Gambar.1. pantai panjang

Wisata Sejarah

Obyek wisata sejarah yang terdapat di Kota Bengkulu Benteng Malborough yang merupakan peninggalan sejarah kolonial inggris. Benteng ini berdiri dengan megah meliputi areal 31,5 Ha, Benteng York di Muara Sungai Serut yang juga merupakan peninggalan Kolonial Inggris, Tugu Thomas Parr yang berada di pusat kota.
Masjid Jamik dimana bangunan masjid ini merupakan hasil desain bung karno, serta rumah pengasingan bung karno yang pernah ditempati bung karno pada masa perjuangan kemerdekaan dari tahun 1938 s/d 1942. Selain itu terdapat pula mesium daerah yang memuat benda-benda sejarah dan kebudayaan daerah.
 
Gambar. 2. Benteng Malborough (tampak dari atas)
 
Gambar. 3. Benteng Malborough (tampak dari depan)
 
Gambar. 4. Tugu Thomas Parr
 
Gambar. 5. Masjid Jamik
 
Gambar. 6. Rumah Pengasingan Bung Karno

Wisata Budaya

Obyek Wisata Budaya yang terkenal di Kota Bengkulu dan sudah masuk dalam agenda tahunan wisata nasional yaitu perayaan tabot. Perayaan tabot merupakan kesenian khas masyarakat Bengkulu,yang merupakan peringatan atas gugurnya Hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad SAW dipadang Karbela (Irak) ketika dicegat oleh 4000 pasukan Yazit Bin Muawwaiyah yang berhasrat menjadi Khalifah.
Tabot dibawa ke Bengkulu oleh bangsa India Menggala yang tergabung dalam tentara Inggris pada tahun 1685.Dalam rangka acara perayaan tabot, juga diadakan festival DOL, yakni musik khas Bengkulu. Perayaan Tabot dilaksanakan dari 1 sampai 10 muharram setiap tahun, yang diawali dengan acara mengambil tanah, tabot menjarah, arak jari-jari, arak sorban tabot besanding, dan pada tanggal 10 Muharram dilaksanakan tabot terbuang didaerah karbela yang jaraknya 3,5 Km dari pusat Kota.

Gambar. 7. Tabot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar